ads

ads

Gunung Tangkuban Perahu Meletus


By on 10:22 AM

Gunung Tangkuban Perahu Meletus

kegiatan gunung tangkuban perahu makin meningkat sesudah dinyatakan berstatus “waspada” sejak akhir februari lantas. selama akhir februari sampai maret ini, gunung yang dikenal sebagai obyek wisata kawah tersebut sudah meletus sampai lima kali.

letusan yang dikeluarkan oleh gunung tangkuban perahu terhitung ke didalam letusan freatik, yakni letusan yang tidak bersumber dari magma, tetapi berlangsung akibat ada tekanan gas.

walau demikianlah, sekarang ini letusan tersebut bukan sekedar mengeluarkan gas beracun, tetapi juga material padat, diantaranya abu, lumpur, serta uap air. kepala pusat vulkanologi serta mitigasi bencana geologi atau pvmbg, surono menyebutkan, daya letusan gunung tangkuban perahu sekarang ini condong meningkat.

tekanannya diperkirakan 1000 mtr. dari sisi didalam kawah, atau lebih didalam dibanding letusan tremor pada akhir februari lantas. oleh dikarenakan itu pvmbg merekomendasikan tak adanya kegiatan penduduk pada radius 1, 5 km. dari kawah ratu gunung tangkuban perahu.

surono menjelaskan, “memang berapa kali berlangsung letusan, ada sebaran abu lah di lebih kurang kawah itu dengan ketebalan lebih kurang 3 milimeter. lantas saat ini ini letusan tangkuban perahu itu tidak cuma asap saja, telah mengeluarkan material padat. ”

untuk mengantisipasi bencana yang meluas akibat letusan gunung tangkuban perahu, badan penanggulangan bencana tempat atau bpbd provinsi jawa barat menutup lokasi wisata tersebut dari semua kegiatan manusia, baik kegiatan wisata ataupun berdagang.

kepala bpbd provinsi jawa barat, udjwalaprana sigit menyebutkan, pihaknya sudah mempersiapkan jalur evakuasi untuk warga lebih kurang yang terkena dampak letusan. disamping itu, pengamanan intensif juga terus dikerjakan di posko pengamatan gunung api atau posko pga.

udjwalaprana sigit menyebutkan, “pada hari ini tetap kita tutup, didalam artian mesti steril dari seluruh kegiatan manusia. keselamatan jiwa mereka yang kita utamakan, dikarenakan memanglah statusnya tetap ‘waspada’. ”

sesaat itu, wakil gubernur jawa barat dede yusuf mengimbau penduduk, terutama pedagang di lebih kurang obyek wisata tersebut, supaya mematuhi larangan untuk tidak memasuki lokasi letusan yang beresiko. ia lalu dengan tegas menghendaki pengertian serta kerja sama beragam pihak, untuk lebih keselamatan pada waktu berlangsung bencana alam.

“pedagang lalu juga mesti mengerti situasi ini. jika situasinya ini yaitu statusnya telah ‘waspada’, baiknya ya kita break dulu. saya tegas menyebutkan ini, bahwa kita minta kerja sama seluruh pihak. keselamatan tambah lebih mutlak dari pada menyelamatkan, ” tutur dede yusuf.

sampai sekarang ini abu vulkanik tetap menyelimuti lokasi gunung tangkuban perahu, dengan ketebalan 3 milimeter. abu tersebut menyelimuti sebanyak area yang berjarak lebih kurang 800 sampai 1000 mtr. dari kawah ratu.

beberapa warga di kabupaten subang yang lokasinya memanglah dekat dengan gunung tangkuban perahu juga rasakan hujan abu yang terbawa oleh hembusan angin. tonase asap yang dikeluarkan oleh gunung tersebut sekarang ini meraih 1 ton. sampai saat ini gunung tangkuban perahu tetap berstatus “waspada” serta tertutup untuk umum.

About Ali Munandar

Faizan is a 27 year old young guy who is blessed with the art of Blogging, He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 comments:

Post a Comment